Senin, 17 Oktober 2011

DONGENG YANG MENYEMBUHKAN

Beberapa Pertanyaan Buat Anda
Apakah anak Anda susah belajar, tidak bersemangat, menjadi penakut, atau ada hal lain yang mengganggu psikisnya ?
Apa akibatnya ? Prestasi mulai menurun, anak susah bekerjasama, menjadi pemurung, atau lebih buruk dari ini ?
Apakah Anda kehabisan akal untuk memberikan semangat, motivasi, dan dorongan pada anak Anda ini ?
Inginkah kondisi ini berlangsung terus menerus ?


Jika Anda mengalami hal ini, mungkin artikel ini bisa membantu Anda.




Dongeng Sebelum Tidur
Waktu kecil kita sering mendengarkan dongeng menjelang tidur. Dongeng tersebut menceritakan kepahlawanan, keberanian, cinta, kesetiaan, dan lain sebagainya yang bernilai positif. So simple. Tapi tahukah Anda, ternyata jika kita tahu cara yang benar dalam bercerita, kita bisa melakukan mind terapi kepada anak-anak kita ? Sehingga anak-anak menjadi lebih baik kondisinya dari sekarang



Sekilas Tentang Gelombang Otak
Otak kita memiliki beberapa gelombang.

Beta, frekuensi 12 - 25 Hz.
Dominan pada saat kita dalam kondisi terjaga, menjalani aktifitas sehari-hari yang menuntut logika atau analisa tinggi, misalnya mengerjakan soal matematika, berdebat, olah raga, dan memikirkan hal-hal yang rumit. Gelombang beta memungkinkan seseorang memikirkan sampai 9 obyek secara bersamaan.

Alpha, frekuensi 8 - 12 Hz.
Dominan pada saat tubuh dan pikiran rileks dan tetap waspada. Misalnya ketika kita sedang membaca, menulis, berdoa dan ketika kita fokus pada suatu obyek. Gelombang alpha berfungsi sebagai penghubung pikiran sadar dan bawah sadar. Alfa juga menandakan bahwa seseorang dalam kondisi light trance atau kondisi hypnosis yang ringan.

Theta, frekuensi 4 - 8 Hz
Dominan saat kita dalam kondisi hypnosis, meditasi dalam, hampir tidur, atau tidur disertai mimpi. Frekuensi ini menandakan aktivitas pikiran bawah sadar.

Delta, frekuensi 0,1 - 4 Hz.
Dominan saat tidur lelap tanpa mimpi.

Ini Solusinya !!

Dongeng / cerita hampir disukai oleh semua anak-anak.Ketika anak kita telah siap di tempat tidurnya dan siap mendengarkan cerita dari Anda, sebetulnya anak Anda sudah siap, mengijinkan dirinya, untuk dihipnosis. Ya, dihipnosis oleh cerita Anda yang merupakan rangkaian direct sugestion.
Ketika Anda mulai bercerita, kondisi anak kita akan semakin relaks dan gelombang otaknyapun berpindah ke posisi alpha / light trans dan berlanjut ke theta. Dalam kondisi ini, maka pikiran kritis akan ter bypass dan kita bisa memasukan sugesti ke pikiran anak kita

Berikut adalah rahasia kesuksesan menanamkan ide positif pada anak kita lewat dongeng.

Pertama-tama, pilihlah cerita yang nilai positifnya selaras dengan nilai yang akan kita tanamkan.. Anda juga boleh mengarang cerita sendiri yang sesuai dengan nilai-nilai yang hendak Anda tanamkan. Hal ini akan lebih baik sehingga Anda bisa mudah menyelipkan sugesti didalam cerita Anda.

Jadikan sang anak sebagai tokoh yang melakukan atau menerima nilai positif tersebut. Katakan bahwa dia berada dalam cerita tersebut. Sehingga dalam pikirannya, sang anak akan merasa terlibat dan mengalami apa yang anda ceritakan

Pastikan anak kita telah siap mendengar dongeng tersebut. Caranya adalah dengan menanyakan, "Apakah kamu siap mendengar cerita seru tentang...... (topik yg Anda akan ceritakan).... dimana kamu (sang anak) yang menjadi tokoh utama dalam cerita ini, Seru kan ?!". Jika si anak berkata siap, maka Anda boleh melanjutkan ke tahap berikutnya. Jika belum, lakukan penyesuaian yang diinginkan anak Anda, mungkin saja ia perlu membenahi posisi tidurnya, atau ada hal yang lain agar anak Anda menjadi lebih nyaman

Setelah siap, bukalah cerita Anda, dengan menceritakan awal cerita yang mengeksplorasi imajinasi, pendengaran dan perasaan sang anak. Misanya seperti ini, " Disebuah pagi yang cerah, disebuah rumah kecil, tinggalah seorang laki-laki bernama Andy (Andy adalah nama si anak). Udara sangat sejuk sekali, dan burung-burung berkicau dengan ceria. Embun pagi yang jernih menetes perlahan-lahan dari ujung daun mangga, tes...tes...tes....menetes dengan lembutnya"

Hal ini berfungsi untuk membuat perasaan nyaman, relaks, dan ini merupakan induksi yang mengantar anak kita sampai ke kondisi trans. Perhatikan reaksi si anak.Perhatikan nafasnya ketika Anda bercerita. Lakukan dengan suara lembut tetapi jelas

Lanjutkan cerita Anda sambil terus memberikan sugesti positif pada si Anak, misalnya, "Andy adalah seorang anak yang pemberani dan bersemangat, ia disayangi oleh mama papanya....." atau " Dengan gagah , Andy menuju ke medan laga, ia sangat kuat dan perkasa, badannya yang sehat dan tegap itu membuat musuhnya takut ..."

Tuntaskan cerita Anda. Diakhir cerita ada tiga kemungkinan. Satu, anak anda belum tidur, dan yang kedua, sudah mulai tertidur atau mungkin yang ketiga dimana anak Anda sudah terlelap.
Jika anak Anda belum tidur, tetapi cerita Anda sudah habis, anda bisa menatap mata anak anda dengan lembut sambil tersenyum. pegang tangannya, lalu katakan sugesti yang Anda siapkan misalnya, "Mulai sekarang dan seterusnya, makin hari,  Andy akan makin bersemangat untuk belajar dan menjadi anak yang pintar ". Beri ciuman lembut, dan katakan "Selamat malam sayang, mama/papa love you "


Jika anak Anda sudah terlihat tidur, perhatikan nafasnya. Jika per menit ada 8-9 tarikan nafas, maka kondisi anak dalam kondisi trans. Perhatikan pula gerak kelopak matanya. Jika terjadi gerakan cepat ( REM : Rapid Eye Movement ), maka saat inilah saat yang tepat untuk melakukan sugesti pada anak kita. Caranya, pegang dagunya, dan katakan " ini mama/papa, walau matamu terpejam tetapi kamu masih bisa mendengar suara mama/papa". Lanjutkan dengan sugesti positif seperti diatas.

Lakukan hal ini secara berkelanjutan, nisacaya anak-anak kita akan memiliki suatu believe baru yang lebih positif.

Yang Perlu Diperhatikan
  1. Pilih cerita yang ringan
  2. Pilih cerita yang menyenangkan
  3. Hindari cerita yang menakutkan
  4. Lakukan dengan sabar
  5. Gunakan suara yang lembut tetapi dengan ucapan yang jelas
  6. Lakukan dengan cinta dan ketulusan
  7. Gunakan kata-kata yang berpola kalimat positif dalam memberikan sugesti

Semoga sharing ini bermanfaat, dan saya menunggu cerita dari Anda seputar dunia dongeng bagi anak-anak kita







Tidak ada komentar:

Posting Komentar